Entries Profile Stuffs Affies Credit

[ ]
<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8030220457031399833\x26blogName\x3diTatya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://metatya.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://metatya.blogspot.com/\x26vt\x3d4482892405797135047', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>








Curhatan tengah malam.
Saturday, August 10, 2013 @ 1:23 AM - Permalink | 1 Chats

sebelumnya, so sorry ya buat yang beberapa jam yang lalu keganggu sama curhatan gue di twitter.

Jadi kenapa deh gue tiba-tiba emosian gitu? It all started ketika lagi silahturahmi keluarga pas lebaran.
Karena gue fresh-graduate from high school, sanak saudara gue selalu nanya, "Kuliah dimana jadinya? Ambil jurusan apa?" Dan gue dengan biasa-biasa aja jawab denga normal kayak gini, "aku dapet di (salah satu universitas di indonesia, nama univ di samarkan -- oke, sebenernya udah obvious banget), ngambil ilmu politik om/tante/kak."
Dan respond mereka tentu aja beda-beda.
Gue respect sama seneng banget sama yang dukung gue dan ngasih dorongan dan "wah selamat ya!" Tapi banyak juga lho yang respond nya "Politik? Cewek? Mau jadi apa? Politikus?"
And guess what.
Bahkan pas lagi pembagian THR, salah satu sanak saudara (disamarkan) gue bilang gini : "Nih, uang gratifikasi." SHOCK GA SIH LO KALO JADI GUE? Dan tau nggak apa yang gue lakuin? Dengan refleks gue lempar duit yang dia kasih, terus gue ngambek sepanjang sisa hari itu. Gue tentu aja disuruh minta maaf dulu sebelum ngambek yah karena gue dengan ga sopannya ngelempar balik duit yang (katanya) 'gratifikasi' itu ke orang yang lebih tua.
HARGA DIRI GUE JATOH BUNG DAN NONA. Iya, gue tau itu cuma becandaan, tapi please ya, itu bercandaannya keterlaluan. Sebagai maba politik, gue merasa sakit hati. I mean, gue disamain sama para pelaku KKN hina itu? Hih.

Capek. Capek banget ngeladenin pertanyaan dan judge-judge jelek sanak saudara gue tentang pilihan studi gue di perguruan tinggi. I MEAN, THAT'S MY FREAKING CHOICE, NOT YOURS.
And stereotype is not cool yah. Just because politik itu udah tercoreng banget di Indonesia, but please, ada beberapa alasan kenapa gue milih politik.

Oke mari kita flashback.

Sebenernya cinta pertama gue itu Hukum UNPAD. Tapi alhamdulillah, Allah masih ngasih nikmat yang besar banget ke gue pas seleksi SNMPTN undangan, gue naro pilihan pertama itu di ilpol univ-yg-gue-bakal-jadi-maba-disana.
Kenapa gue milih politik? Karena gue penasaran. Karena gue suka nyoba-nyoba hal-hal yang completely beda dan merasa tertantang. Karena ada satu impian gue, yang ga gue bakal kasih tau ke orang lain walopun itu nyokap-bokap-adek-sobat karib.
Impian terdalam gue cuma gue dan Allah SWT. yang tau. Dan semoga impian gue di kabulkan sama Allah.

Semua karena the stupid stereotype. Anak politik belum tentu jadi politikus yang (katanya) makan duit rakyat. Anak politik generasi muda bisa aja ngerubah Indonesia supaya lebih baik, dengan cara mereka masing-masing. Siapa tau anak-anak politik milih politik buat studi mereka supaya generasi sekarang ngubah perpolitikan di indonesia jadi lebih baik?
Itu pilihan gue, kan? Terus kalo kalian nge judge politik itu jelek, fyi kalian gabisa hidup tanpa politik di dunia ini, ya man-teman.
Bisa kan, instead of judging yang jelek-jelek, mending ngasih dukungan atau bantuin doa supaya cita-cita mulia generasi muda yang lagi berjuang buat merubah Indonesia menjadi lebih baik itu tercapai.
I thought, orang yang lebih tua itu pikirannya lebih objektif, positif, dinamis, dan lebih dewasa. And I was wrong.

Sometimes, gue capek dealt with so much stereotype di Indonesia. Kayak 'anak IPS itu jelek' dkk.
And it turns out, terkadang stereotype itu bisa bikin seseorang itu lebih maju dan tertantang buat ngebuktiin ke orang-orang yg judging, that they were freaking wrong.

Bayangin kalo semua anak politik yang baik dan benar di judge jelek melulu dan akhirnya mereka milih buat studi ke luar negeri buat memperdalam ilmu politik dan ga balik-balik ke Indonesia.
Nah itu dia. Yang ke sisa di Indonesia itu pelaku politik yang ga ada background politiknya, atau background politiknya abal-abalan dan cuma ngejar duit doang. Makin parah kan Indonesia?

Oke.
Segitu aja ya curhatan nya.
Untuk teman-teman yang baca ini, makasih banyak ya yang udah ngedukung Tatya buat ngambil ilmu politik.
Terima kasih yang sedalam-dalamnya buat ayah, bunda, dan adek yang udah ngerti banget dan dukung juga.
And for 'em who judge, gue harap kalian sadar kalo ga semua anak politik akan jelek jadinya.
Untuk para generasi muda, ayo buktiin kalo kita bisa bikin Indonesia layak untuk tempat hidup.

Kbye, cheerio! *ngacir ke Narnia*