Entries Profile Stuffs Affies Credit

[ ]
<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8030220457031399833\x26blogName\x3diTatya\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://metatya.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://metatya.blogspot.com/\x26vt\x3d6868726811810804252', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>








eF-I-eS-I-Pe FIIIIISIP!
Wednesday, December 25, 2013 @ 4:40 PM - Permalink | 0 Chats

Kali ini, gue mau nyeritain ospek fakultas gue. 4 hari yang wowwww banget. Dari peserta sampe panitianya aja sampe sekangen itu sama PSAK. Termasuk gue sih sebenernya.




Kalo fakultas lain, ospek fakultas nya namanya PSAF. Tapi gatau kenapa FISIP pakenya PSAK (Pengenalan Sistem Akademik dan Kemahasiswaan) FISIP UI 2013. Acaranya mulai dari tanggal 24-28 Agustus 2013.
Logo nya PSAK FISIP 2013, kece kan? Ada filosofi nya lho.
Oke. Gue mulai aja ya.

Sebelum hari H

Jadi kita udah beberapa kali mentoring sama mentor dan teman-teman mahasiswa baru perkelompok. Gue dapet kelompok 44, yang ketuanya anak Kriminologi namanya Dhuha. Yap, 44. Banyak yah? Totalnya sih ada 50 kelompok, buat 1000 mahasiswa baru FISIP UI.
Mentor gue satu cewek, satu cowok. Yang cewek namanya kak Mela, 2011, anak kriminologi. Kakak jomblo ini orangnya selow banget dan seru. Hobinya pake kaos. Yang cowok namanya kak Valdi, 2012, anak KesSos. Kesan pertama gue tentang kak Valdi itu 'anjir, mahasiswa udah ubanan.' eh ternyata di FISIP emang banyak mahasiswa yang udah ubanan-_- Dan enaknya dari kak Valdi sama kak Mela itu mereka ga kaku, boleh manggil pake lo-gue, tugas scrapbook boleh nyantai, pokoknya nyantai banget deh sama mereka.
Nah kalo temen-temen sekelompok gue, sebenernya kita semua di list ada 20, tapi yang ikut PSAK akhirnya cuma 13. Selama sebulan sebelum hari H ini kita udah mengalami banyak banget pengalaman kayak terdampar di pasar PAL buat nyari kain tetoron oranye untuk nametag, ngepaketin kain ke Malang buat Hisab dan Dio, bikin scrapbook dan nametag bareng dari pagi sampe sore di perpusat, mentoring, sampe saling curhat-curhatan gitu. Pokoknya gue sayang banget deh sama mereka : Lidya, Salsa, Dwita, Dhuha, Andre, Hisab, Dio, Luna, Iik, Ifo, Sansan, dan Rina.
Terus, kita dikasih tugas buat bikin rompi, slayer, scrapbook, foto angkatan, chant angkatan plus koreografinya.
rompi gue. sekarang ilang gatau dimana :'D

Rompi oranye yang berfungsi sebagai name-tag (because ordinary name-tag yang terbuat dari karton yang ukurannya jumbo-jumbo is too mainstream), kita diharusin buat rompi tersebut dari kain tetoron oranye, yang warnanya harus sama satu angkatan. WTF waktu pertama kali gue denger 'harus sama satu angkatan'. Setelah kelompok 44 ngegali info, ternyata kain nya ada di pasar PAL. Yaudah kita ngeborong kain disana. Lo harus tau, rompi oranye nya itu kayak celemek, kayak pelampung, sama kayak baju tahanan KPK. Oke, yang terakhir lebay abis.
Scrapbook, ya gitu. Kita disuruh bikin dan nulis banyak essays, wawancara alumni dan kaum marginal, nulis ini-itu, nulis biodata. Dan lucunya ada kolom 'sejarah kehidupan percintaan'. okesip yang bikin iseng abis.

contoh sampul scrapbook







Yel-yel FISIP UI 2013 :
Gara-gara FISIP UI
Gara-gara FISIP UI
Bikin maju demokrasi
Tuntaskan reformasi
Sribu raga di dalamnya
Beda jiwa dan idenya
Panjang akal dan asanya
FISIP majukan bangsa
FISIP, FISIP, satu, padu, maju
Kobarkanlah semangatmu
Ooooo oooo ooooo ooo oooo (2X)
Oooo oooo ooo ooo oooo
Oooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo
FISIP, FISIP, JOSS!
Oooo oooo ooo ooo oooo
Oooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo
FISIP, FISIP, JOSS!
Satu FISIP, satu rumah
Satu cinta, keluarga
Siapa suruh, lawan kita
Skarang lihat, akibatnya
Oooo oooo ooo ooo oooo
Oooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo
FISIP, FISIP, JOSS!
Oooo oooo ooo ooo oooo
Oooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo oooo ooo ooo
FISIP lagi, JOSS!
FISIP !
F I S I P, F I S I P, FISIP !
Go go FISIP go, go go go FISIP go !
Go…FISIP !

Hari pertama. Minggu, 25 Agustus 2013

Karena kakak-kakaknya bilang acara mulai setengah 6 pagi dan maba harus nyampe TKP setengah jam sebelumnya, akhirnya gue berangkat dari rumah setengah 5 pagi. Yep, abis subuh langsung cabut. Bayangin bung dan nona sekalian! Disaat lo masih leha-leha abis solat subuh di hari Minggu, gue setengah 5 udah meluncur ke FISIP UI yang notabene nya cuma 6 km dari rumah gue. Dan gue nyampe jam 4 lewat 45 menit. Terkutuklah kau wahai jalan Margonda Raya yang kalo siang macetnya naudzubillah.
Oke, balik ke cerita.
Nyampe di gerbang UI, gue udah siap-siapin rompi, slayer, dan minta ayah buat nge drop gue di halte psikologi (di peraturan ada perimeter peng-drop-an, supaya ga macet sih katanya). Haaampir aja ayah lupa. Alhamdullilah turun dengan selamat di halte psikologi, yang udah ada kakak-kakak berlakban item (baca : tibum -- senior yang bagian marah-marah). Wih, jujur aja gue takut gitu. Akhirnya gue disuruh ke lapangan parkir FISIP yang deket lapangan futsal. Disitu kita disuruh baris perjurusan, dan di absenin (terus ditanyain udah sarapan atau belum. Kirain gue itu cuma basa-basi, ternyata itu pencegahan dari senior supaya ga ada yang pingsan cuma garagara ga sarapan).
Abis itu tibum dateng dan kita disuruh jalan berbaris ke lapangan parkir FISIP yang deket FASILKOM.
Jadi kesimpulannya sepanjang hari itu cuma dengerin seminar dari dekan fisip, alumni, komunitas islam, dan apalagi ya gue lupa saking banyaknya seminar dan ada pengenalan komunitas-komunitas di FISIP gitu. Efek dari seminar-seminarnya : pantat tepos gara-gara duduk seharian. Hah. Tapi gue gabisa ngobrol dan tidur gara-gara di belakang gue berdiri tibum. Yaudah, akhirnya gue pasang kuping dan merelakan pantat gue yang indah ini jadi tepos.
Dan abis semua seminar selesai, jeng jeng, para tibum dengan langkah a la top model nya (oke, ini lebay) muncul. Kita pertamanya disuruh PADAM (maksudnya disuruh tutup mata dan diam tanpa suara), terus tiba-tiba triiing dengan ajaibnya muncul para tibum siap buat teriak-teriakin dan sinisin para mahasiswa baru yang masih innocent ini, apalagi gue. Mulai dari masalah rompi lah, di drop lewat dari perimeter lah, terlambat lah, tidur dan ngobrol pas seminar lah, jumlah maba yang dateng cuma 600 lah, dan lain-lain. Contoh, "BUAT MABA YANG TADI TIDUR, NGGAK USAH SAYA SEBUTIN NAMANYA, SEKARANG BERDIRI!" Yah sebenernya gue udah tau ada beberapa permainan psikologi yang intinya pengen ngebuat maba takut dan panik dengan kalimat 'nggak usah saya sebutin namanya' supaya ngaku, iya nggak kak? ;)  Gue kena gara-gara menurut tibum nya rompi gue kurang tebel. Padahal sih dari jauh tetep keliatan kok tulisannya. Yaudah sebagai maba yang baik, gue nurut aja. Abis di teriak-teriakin, kita disuruh bikin tambahan tulisan gitu di rompi, kayak gini :


Abis itu kita disuruh pulang dengan pantat tepos.

Hari kedua. Senin, 26 Agustus 2013

Alhamdulillah hari kedua ga disuruh ngumpul jam setengah 6, tapi jam 6. Oke gapapa mari bersyukur.
Jadi hari ini itu ada pengarahan dari masing-masing prodi, terus dari sore sampe malem kerjaannya cuma ngerjain PKM...dan gala dinner. Yep. Gala dinner. Pake piring kertas nasi goreng ya. Dan selama ngerjain PKM, kelompok 44 kerjaannya cuma ngelawak, ketawa, ngemil, sama foto-foto. Yah ftw with PKM thingy.
Karena sampe malem (kita baru kelar pukul 9 lewat), para maba-maba unyu dianterin pulang sampe ke tempat tujuan (kos, asrama, stasiun, mares), bahkan sampe di sebrangin sama para kakak-kakak tibum yang galak tapi sebenernya baik hati :') Terus ada satu kakak tibum cowok (gue galiat mukanya, karena udah malem dan gelap), bilang ke gue "Hati-hati di jalan ya. Selamat malam." Terima kasih kakakkkkkk~

Hari ketiga. Selasa, 27 Agustus 2013

Nyampe FISIP jam setengah 6, ngumpul di lapangan parkir fisip yang deket lapangan futsal lagi. Karena gue kelompok 44, dapetnya kloter 'istirahat' dulu. Oiya, gue lupa nyeritain ya kalo ada tiga kloter : kloter amazing race, kloter bersih-bersih FISIP, sama kloter istirahat. Dan kita dari rumah emang udah disuruh bawa peralatan bersih-bersih kayak sapu lidi, serokan, cangkul, you named it.
Pas lagi kloter bersih-bersih, kelompok 44 akhirnya ngobrol gajelas gitu. Terus karena Dhuha nyalonin jadi ketua angkatan FISIP, kak Mela iseng bikin poster gitu, gambar karikaturnya Dhuha terus tulis "VOTE FOR DHUHA". Tapi kertasnya dari kertas poster nya calon ketua angkatan Arif, dibaliknya gitu. Bener-bener ga modal hahaha. Sayang banget poster hand-made nya kak Mela gatau sekarang ada dimana. Padahal gambarnya lucu. Kalo ada di gue, mau gue scan terus bisa gue posting ke blog kan.
Abis itu kita Amazing Race a la FISIP. Eit, jangan mikir kayak Amazing Race Asia yang penuh dengan lari-lari sambil bawa backpack, ya. FISIP ga segede itu yang harus sampe lari-lari sampe keringetan. Sebenernya sih Amazing Race a la FISIP itu kayak games-games gitu, yang nanti kalo menang lawan grup lain, bakal foto gitu nanti di upload ke twitter nya psak. Games nya itu ada ngediriin tenda, terus apalagi ya aduh Tatya lupa #ShortTermMemoryLoss
P.SYah sayang banget foto games pemenang kelompok 44 ada di hape gue yang lagi diinepin di sony center :(
Oke, balik lagi. Setelah AhMahzing Race, kita disuruh bersihin FISIP. Sebenernya sih cuma mungutin sampah sama beresin ranting yang jatoh. Gitu doang. Ha.
Terus, nah ini nih yang seru. Long march, dari FISIP ke rektorat (muter ke balairung ya, nggak motong dari fasilkom), yang heboh plus panas plus penuh teriakan 'YANG CEWEKNYA DIJAGA DONG' dan berbagai teriakan dari para senior. Jadi, yang cewek di tengah, cowok di samping kanan-kiri-depan-belakang. Dan banyak korban berjatuhan. Mungkin mereka ga kuat karena harus jalan panas-panasan dengan kurang lebih 600 maba. And luckily, Tatya dengan asma nya, berhasil nyampe ke rektorat dengan selamat dan utuh dan balik lagi ke FISIP. Jadi ceritanya itu, long march nya menuntut tentang ketidakadilan transparansi rektorat tentang keuangan, dan (of course) korupsi, dengan tagline Indonesia dan UI tidak baik-baik saja. Terus di rotunda, gue dan beberapa cewek politik 2013 bobok-bobok lucu (istilahnya emang agak menggelikan, but yaudahlah yah) dibawah pohon dibawah semilir angin yang bikin ngantuk. Tapi akhirnya kita harus balik ke FISIP.
Kita dikumpulin di lapangan futsalnya FISIP, buat pemilihan ketua angkatan fisip 2013. Terus akhirnya Ahmad dan Bryan (Politik 2013 -- yeayyyy), Dhuha (Kriminologi 2013 -- iya, yang ketua kelompok 44), sama Arif (Komunikasi 2013 -- kalo yang ini gue baru kenal) maju dan kayak 'dihujat' sama senior. Mereka ngomongin tentang visi misi mereka, terus maba yang lain disuruh ngulang (menurut gue, ngulang apa yang mereka omongin tentang visi misi itu ga ada esensi nya. Emangnya maba itu beo, apa? *terus Tatya dihujat para senior*) Terus banyak maba yang komplen soal calon ketang (ketua angkatan) yang dari jurusan mayoritas lah. And I was thinking, mayoritas itu apa? Kalo dari kuantitas, krim bukan mayoritas kok. Politik cuma kurang lebih 100 muka. Kom sih iya, banyak banget. Tapi adm yang ga kalah banyaknya ga ada yang nyalonin? Besides, kalau mau komplen kenapa ga pas yang malam 17 Agustus yang waktu itu para maba FISIP dikumpulin di balairung itu, pas calon ketua angkatan lagi di pilih?
Oke, mari kita balik lagi ke cerita. Abis itu senior ngomel-ngomel gitu, kayak emang tugas mereka itu. Mereka 'ngambek' ke kita soalnya para calonnya ga becus, maba nya ga pada kenal mereka, terus mereka pergi gitu aja. Nah abis itu pada panik kan. Tapi masih ada yang berpikiran waras, untung aja. Kan senior selama 3 hari sebelumnya selalu bilang, "Hati-hati provokasi.", yaudah akhirnya kita bikin rapat intra maba aja, ga ada senior. Akhirnya disetujui kalo besok bakal ada pemilihan lagi, dan ada KPU a la maba.
Dan pas lagi rapat intra maba itu, pada ricuh gitu. Yang tadinya gaberani depan senior, jadi pada menghujat para calon ketang. Jadi, yang masih pada waras itu tugasnya berusaha nenangin para yang ricuh.
Rapatnya sampe maghrib, gue inget banget. Terus kelompok 44 baru inget kalo kita mau ngasih bunga ke kak Mela sama kak Valdi. Oiya, ada satu cerita yang bikin kelompok 44 makin cinta ke kak Mela, pas lagi ricuh rapat intra, kak Mela tiba-tiba dateng ke lapangan terus bawain aqua dingin buat kita. Awwww banget :3 terus kita disuruh istirahat soalnya besok bakal lebih capek. Terus dia ingetin buat ngepantau blog psak. Nilai plus-plus banget deh ya kak Mela.
Abis rapat, gue, Vita, Rifal, Apis, Harry, sama anak adm satu namanya Krisna (gue baru kenal pas di jalan karena ternyata dia mau pulang terus ke arah Depok juga, dan akhirnya gue minta bareng. Sama orang yang baru kenal juga. Nggak Tatya banget yang takut sama stranger), ke barel buat beli karton oranye sama item buat besok, gatau buat apaan. Terus akhirnya gue pulang bareng Krisna, dan dibayarin angkotnya. Gatau deh Krisna nya masih inget sama gue sampe sekarang atau nggak. Btw, makasih ya Krisna :)

Hari keempat. Rabu, 28 Agustus 2013.

Hari terakhir. Yeay. Tapi pas baris pagi, gue kena tibum dan harus kena hukuman, JUST BECAUSE KAOS KAKI GUE YANG PUTIH UDAH ABIS DAN LAGI DI CUCI, DAN GUE PAKE KAOS KAKI SELAIN PUTIH. Alhasil karena hukuman 'meremas-remas langit', trisep-bisep gue jadi berotot.
Long march lagi, sekarang ke stadion UI, buat nonton sepakbola antara maba melawan senior. Pertandingan persahabatan sih. Oiya, disini kita jadi tau apa gunanya karton oranye-item. Ternyata buat penutup mata dari matahari. Ngggg okay.
Dan, pas di stadion, asma gue kambuh dan sinusitis gue jg alhasil kepala gue sakit banget. Akhirnya gue pulang ke FISIP dianterin kakak senior yang gue lupa mukanya dan namanya, sama beberapa maba yang sakit. Di FISIP, gue dikasih obat sama dokter. Terus akhirnya kita (gue dan beberapa maba yang sakit), ikut nontonin pemilihan ketang. Terus, yah biasa, di omel-omelin. Terus karena banyak yang masih lupa chant angkatan, makin diomel-omelin. Dan akhirnya terpilih Ahmad jadi ketua 1, Arif ketua 2, Dhuha ketua 3, Bryan ketua 4 (kalo kata anak-anak, Bryan itu runner-up)
Nah ini nih, klimaksnya. Akhirnya disuruh joget chant angkatan berkali-kali sambil mata ditutup, supaya nggak ada yang ngintip temennya. Terus, tiba-tiba kedengeran suara mesin mobil, dan I suspected, something's wrong. Terus tiba-tiba KITA BASAH. BASAH KUYUP. SEMUA BUKA MATA. MASIH SAMBIL JOGET CHANT FISIP 2013, KITA DI GUYUR SAMA PEMADAM KEBAKARAN SAMPE BASAH KUYUP DAN BODO AMAT ROMPI LUNTUR BAJU BASAH MATA KELILIPAN RAMBUT LEPEK, and then it came "SELAMAT DATANG DI FISIP, KELUARGA BARU FISIP UI 2013". Terharu, bangga, seneng, lega. Terus tulisan 'Saya Belajar Menjadi Anak FISIP' disuruh dibuang. Terus kita disuruh baris buat ganti baju. Terus perjalanan dari lapangan futsal ke gedung E FISIP (tempat yang cewek ganti baju), kita disambut dan dinyanyiin sama para punggawa "SELAMAT DATANG...DI FISIP UI. SELAMAT DATANG...DI FISIP UI. DARI KAMIIII PARA PUNGGAWAAA." Terharu dan seneng abis.
Abis itu, kita dibolehin makan di Takor (Taman Korea--kantinnya FISIP), dan anak politik foto di taman deket Takor. Oiya, juga ada foto-foto kelompok 44, plus mentor tercinta, dengan bunga.









Abis itu, senja puncak FISIP UI 2013. Kita dikumpulin di TeKo (Teater Kolam--yeah I know right, FISIP kebanyakan singkatan). Ada pertunjukan musik, nonton trailernya psak, dan pengenalan punggawa. Seru abis, sampe malem.

Makasih buat kakak punggawa, mulai dari PO nya (Kak Alvin--yang masih sayang banget sama FISIP sampe mau ngurusin maba kayak kita -- WE LOVE YOU DEH, kak Alvin!), para tibum-yang-serem-nan-unyu-nan-jail kalo lagi ga bertugas, mentor-mentor (terutama kak Mela, mwah mwah banget!), medis (yang udah ngurusin maba sakit dan maba yang pura-pura sakit--mehehe, tapi gue beneran sakit ya kak waktu itu), dokumentasi yang setia moto-moto dan videoin para maba dan punggawa sampe mereka sendiri ga foto, kakak acara yang bikin mata acara, kakak publikasi yang ngurusin twitter psak dan harus bergulat dengan segudang pertanyaan maba yang jawabannya obvious abis, dan para punggawa lainnya. Terima kasih kelompok 44 yang mewarnai hari-hari gue dari semenjak pertemuan pertama mentoring sampe hari pengguyuran dan senja puncak psak. Unforgettable abis!


post signature